Thursday 29 September 2016

15 Marketplace Terbesar di Indonesia

Perkembangan toko online semakin marak belakangan ini. Berbagai macam situs mendadak bermunculan menawarkan jasa jual-beli online. Dengan segenap kemudahan dan fasilitasnya, perlahan belanja secara online merubaha gaya belanja masyarakat. Muncul pula istilah ‘online mall’. Online mall ditujukan bagi suatu situs yang menyediakan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.




Berikut ini adalah pembahasan mengenai situs jual-beli online yang paling populer di Indonesia. Penentuannya didasarkan pada peringkatnya di Alexa Rank. Semakin kecil angka Alexa Rank-nya, semakin bagus situs tersebut. Itu tandanya, semakin banyak orang yang mengunjungi situs tersebut. Semakin banyak orang, tentu saja popularitas akan dengan mudah diraih. 

1. Tokopedia


Tokopedia

Dari sekian banyak situs marketplace yang pernah saya coba, tidak salah rasanya jika saya menempatkan Tokopedia pada urutan pertama sebagai situs marketplace terbaik di Indonesia (versi saya).

Ada 2 alasan yang mendasari pernyataan saya diatas, alasan pertama adalah karena mudahnya proses pemasangan iklan, seperti yang kita semua ketahui, pada situs marketplace Tokopedia, kita mempunyai kendali penuh atas toko atau lapak yang kita dirikan. Jadi sewaktu memasang iklan, maka iklan tersebut akan langsung muncul saat itu juga.

Alasan kedua adalah jumlah pengunjung yang sangat banyak. Tercatat pada bulan Juli 2015 ada lebih dari 10 juta orang yang mengunjungi situs e-commerce terbesar di indonesia ini.

Tidak menutup kemungkinan jumlah pengunjung Tokopedia akan terus naik, mengingat semakin banyaknya masyarakat yang mulai memilih untuk 'belanja modern' melalui situs online e-commerce dengan segala kemudahan dan keamanannya dibandingkan dengan 'belanja tradisional' yang terbilang ribet.

2. Elevenia


Elevenia

Elevenia adalah situs e-commerce yang dikembangkan oleh dua perusahaan telekomnuikasi PT XL Axiata dan SK Planet ltd. Jadi jangan heran jika Anda sering melihat iklan Elevenia di TV, karena memang dari segi dana sangat kuat sekali lantaran didanai oleh perusahan besar.

Situs e-commerce Elevenia tidak jauh berbeda dengan Tokopedia, dimana seller atau penjual akan diberikan semacam store atau toko untuk membuka lapak yang bisa ia gunakan untuk menjual barang dagangannya.

Yang unik dari Elevenia adalah pembagian jenis seller. Secara garis besar ada tiga jenis seller yang ada di Elevenia :

  • Individual Seller : Penjual yang tidak terdaftar sebagai perusahaan
  • Business Seller : Penjual pemegang ijin usaha
  • Global Seller : Penjual dari luar Indonesia

Saya tidak tahu pasti apakah ada perbedaan layanan yang diberikan antar ketiga jenis seller, namun yang pasti, ketiga apapun jenis seller yang Anda pilih, biaya pendaftarannya adalah sama, yaitu sama-sama gratis.

3. OLX Indonesia


OLX Indonesia

OLX adalah salah satu situs e-commerce dengan konsep marketplace terbesar bukan hanya di Indonesia namun juga se-Asia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya cabang yang didirikan oleh OLX di berbagai negara.

Setidaknya OLX sudah membuka cabang di lebih dari 106 negara dan situs e-commerce OLX Indonesia merupakan yang paling sukses karena merupakan hasil gabungan dari dua situs e-commerce raksasa yang namanya sudah tidka asing lagi, yaitu Tokobagus dan Berniaga.

Situs jual beli online OLX.co.id memiliki setidaknya 10 Kategori dan ada puluhan sub-kategori pada tiap kategorinya, dengan kata lain, ada berbagai macam jenis barang atau produk yang bisa Anda dapatkan di OLX, mulai dari Properti (tanah, apartemen, rumah) sampai Keperluan Pribadi seperti perhiasaan, aksesoris, dll.

Pasang iklan online di OLX tidaklah semudah memasang iklan di situs marketplace kebanyakan, karena disini tidak mengenal istilah Online Store pribadi, jadi semua barang akan terkumpul dalam masing-masing Kategori.

Inilah yang menjadi alasan mengapa iklan yang tampil di OLX terlihat benar-benar seperti iklan (tidak iklan asal-asalan), karena memang jika kita ingin memasang iklan di OLX akan ada tahapan review terlebih dahulu sebelum iklan yang Anda pasang terpublikasikan.

4. BukaLapak


BukaLapak

Konsep situs e-commerce BukaLapak tidak jauh berbeda dengan Tokopedia. Bedanya, di BukaLapak ada semacam dompet virtual yang diberi nama Bukadompet yang merupakan salah satu dari 5 metode pembayaran yang diberikan oleh situs marketplace Buka Lapak.

Sistem pada situs BukaLapak, bisa dibilang sangat menguntungkan dua belah pihak, baik dari pihak Pembeli maupun Pelapak, karena posisi Buka Lapak disini semacam rekber atau pihak ketiga yang memastikan bahwa transaksi antara pelapak dan pembeli berjalan dengan lancar.

Dan yang saya suka dari BukaLapak adalah adanya fitur Reputasi. Sesuai namanya, fitur ini akan menghitung berapa banyak feedback positif / negatif yang diberikan oleh pelanggan Anda. Semakin banyak feedback positif maka reputasi kita akan semakin baik dengan begitu buyer atau calon pelanggan akan semakin yakin untuk membeli barang / produk yang kita jual.

5. Qoo10 Indonesia


Qoo10 Indonesia

Namanya mungkin tidak setenar, keempat situs online e-commerce yang sudah saya sebutkan diatas, namun jangan salah, meski demikian, Qoo10 termasuk salah satu online marketplace dengan pertumbuhan paling cepat dunia.

Situs Qoo10 Indonesia sebenarnya lebih dari situs untuk jual beli online, karena di situs ini kita juga akan diajakarkan bagaimana cara menjadi penjual sukses melalui berbagai halaman yang sudah disediakan oleh pihak Qoo10 seperti misalnya :

  • Success Stories : Berisi kisah para penjual sukses berkat situs Qoo10
  • Tips Menjual : Panduan untuk para penjual pemula agar bisa sukses

Sekedar informasi saja, bahwa Qoo10 Indonesia bermitra dengan Yahoo! Indonesia jadi hampir bisa dipastikan bahwa kualitas dari situs marketplace Qoo10 tidak main-main.

6. Blanja


Blanja

Blanja adalah situs online marketplace hasil join venture antara Telkom Indonesia dan eBay yang saat ini memiliki lebih dari 1 juta produk yang dijual oleh lebih dari 1.000 penjual.

Dari data tersebut, maka bisa diambil kesimpulan bahwa potensi menjadi penjual di Blanja masih terbuka lebar, karena dari sisi persaingan terbilang smasih 'sedikit'.

Blanja juga memiliki sistem pembayarannya sendiri yang mereka beri nama TCash (Telkomsel Cash) sistemnya adalah dengan melakukan deposit terlebih dahulu, bisa melalui kartu kredit atau kartu debit, setelah saldo masuk, selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk membayar Merchant.

Keuntungan dari menggunakan TCash adalah adanya diskon spesial yang hanya akan diberikan untuk mereka yang melakukan pembayaran melalui metode TCash.

7. Zalora Indonesia


Zalora Indonesia

Zalora merupakan situs toko online fashion yang juga menyediakan marketplace untuk penjual yang ingin memasarkan produk fashion mereka.

Di Zalora Anda hanya akan menemukan produk fashion saja, seperti baju, celana, tas, jam tangan, aksesoris. Karena memang fokus dari Zalora adalah menjadi situs e-commerce fashion terbesar.

Jika Anda berfikir bahwa Zalora memiliki nama yang hampir sama dengan Lazada hal tersebut wajar saja, karena memang keduanya berada pada satu perusahaan yang sama yaitu Rocket Internet.

Jadi untuk cabangnya juga hampir sama dengan Lazada, dimana situs e-commerce Zalora juga bisa kita temui di ketujuh negara, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei.



8.Blibli 


Blibli merupakan situs belanja baru dengan konsep supermarket yang hadir di tengah masyarakat Indonesia. Barang yang djiual cukup beragam. Meskipun dibangun dengan konsep ‘online mall’, penjual di BliBli tidak bisa secara langsung menyelenggarakan aktivitas penjualan. Mereka terlebih dahulu harus mengadakan kesepakatan kerja dengan pihak Blibli.

Salah satu keuntungan membeli dari situs ini adalah gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Keuntungan lainnya adalah, pelanggan diperbolehkan mencicil pembayaran jika barang yang dibelanjakan melebihi Rp500.000 dengan bunga 0%. Jangka waktu pembayarannya yaitu antara 6-12 bulan.

Sayangnya, situs ini pernah tersangkut rumor kasus penipuan yang beredar di kalangan pengguna internet. Terlepas dari isu tersebut, situs ini semakin melebarkan sayapnya. Terbukti dengan peringkatnya di Indonesia yakni 171 dan di dunia yakni 10.312, Blibli mampu membuktikan kinerjanya. 


9. Jakarta Notebook



Ingin membeli gadget, atau notebook? Atau sedang mencari piranti fotografi? Ini dia tempatnya. Semua peralatan yang berhubungan dengan teknologi ada di situs ini. Di Indonesia, peringkatnya menduduki urutan ke-167 sedangkan di dunia menempati urutan ke-11.951.


10. AliExpress


Situs Alibaba memiliki banyak saudara. Ada Taobao, Tmall, Juhuasuan, eTao, Alipay, dan lain-lain. Salah satu saudaranya adalah AliExpress. AliExpress menyasar kalangan penjual dan pembeli yang berskala kecil. Hampir sama dengan Alibaba, di Indonesia situs ini kalah populer dengan situs seperti Berniaga. Peringkatnya hanya menempati urutan 123. Sedangkan di tingkat dunia peringkatnya cukup tinggi yaitu peringkat ke-57.


11. Alibaba


Alibaba merupakan suatu situs e-commerce yang menyediakan berbagai macam barang mulai dari fashion hingga barang elektronik. Situs ini didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan berbasis di Hangzhou, China. Tidak seperti situs lain yang menyediakan wadah bagi pedagang kecil, Alibaba justru sebaliknya. Situs ini merupakan wadah bagi pengusaha-pengusaha dan industri manufaktur di China agar dapat bertemu dengan penjual di seluruh dunia. Situs ini menempati urutan ke-112 di Indonesia dan urutan ke-66 di dunia. Sedangkan di China sendiri, sudah mencapai peringkat ke-23.


12. Ebay 

Situs ini memiliki peringkat yang unik dibanding situs lainnya. Di dunia internasional, peringkatnya mencapai urutan ke-27. Namun ternyata situs ini cukup tidak populer di Indonesia yang hanya meraih urutan ke-106. Dengan tidak menggunakan konsep online mall, situs ini meurpakan situs C2C (Consumer-to-consumer) terbesar di dunia.

Tahun 1995 Pierre Omidyar mendirikan situs ini tepatnya di California, Amerika Serikat. Namun sayangnya situs ini tidak bersifat gratis, penjual akan dikenai tagihan jika mereka menjual barang melalui situs tersebut. Ingin melebarkan pasar ke dunia internasional? Coba mulai promosikan produk Anda melalui Ebay.



13. Bhinneka


Ini dia situs yang didirikan orang Indonesia dengan nama dan tampilan yang Indonesia banget. Dikepalai oleh Tommy Chandra, Vensia Tjhin, Leo Antonius, Hendrik Tio, Darsono Sutikno, dan Nicholas Tio, situs ini memiliki visi untuk menjadi yang nomor satu di Indonesia dengan mengutamakan kepuasan pengunjung. Bhinneka menempati posisi di urutan 73 untuk Indonesia dan urutan ke 4.188 untuk dunia.

Tidak seperti situs lainnya yang hampir menjual semua kebutuhan rumah tangga mulai dari busana luar hingga busana dalam, situs ini menjual berbagai macam peralatan dan perkakas yang berbau teknologi. Barang yang dijual antara lain komputer, gadgte, fotografi, peralatan kantor, peralatan rumah tangga, dan peralatan lain seperti gergaji dan termometer.


14. Amazon  


Situs Amazon tidak terlalu populer di Indonesia dibanding dengan situs-situs seperti OLX dan Berniaga. Namun demikian, keberadaannya tidak bisa diremehkan. Posisinya masih cukup tinggi yaitu urutan ke-55 di Indonesia dan urutan ke-9 di dunia. Situs ini merupakan situs yang cukup unik. Peringkatnya di dunia sudah mencapai peringkat ke-9, tapi peringkatnya di Indonesia cukup rendah, bahkan tidak masuk dalam 10 besar.

Situs ini benar-benar menjadi ‘online mall’ terbesar di dunia. Barang apapun yang dicari semuanya tersedia di sini. Situs ini juga dapat digolongkan sebagai situs yang berumur lebih tua dibanding situs lainnya. Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tanggal 5 Juli 1994. Kini pangsa pasarnya semakin meluas mejangkau seluruh dunia.


15. Cipika Store

Tidak ingin ketinggalan, Indosat juga memiliki marketplace bernama Cipika Store yang diluncurkan pada Agustus 2014. Namun, berbeda dengan pemain lainnya di daftar ini, Cipika Store memiliki spesialisasi menjual berbagai produk dalam negeri seperti makanan dan baju khas daerah. Pada bulan Agustus, Cipika mencatat 25.000 pengunjung harian.
Cipika Store bekerjasama dengan aplikasi marketplace mobile Shoop, salah satunya untuk mengumpulkan penjual dan produk. Walau di dalam perjanjian penjual disebutkan bahwa Cipika Store mengambil komisi dari penjualan, belum dijelaskan secara detil berapa besar komisi yang diambil.

Dengan mengetahui tentang Marketplace, teman-teman bisa mempunyai referensi produk yang banyak, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik dengan layanan terbaik juga. Kadang mereka yang jualan di instagram ambil produknya dari Marketplace. Atau mereka yang ingin belajar jualan online, bisa dengan mencoba berjualan di Marketplace.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Yosef Hidayat. Powered by Blogger.